Mengunjungi Danau-Danau Unik Dan Menarik Di Indonesia

 

Ada banyak keunikan di Indonesia, salah satunya adalah danau-danau yang ada di bentangan alam khastulistiwa. Setidaknya ada beberapa danau
unik yang harus Anda sambangi saat menjelajahi tanah nusantara. Danau mana sajakah itu? Berikut ini lima danau yang bisa Anda kunjungi
  
1. Danau Kakaban
 
Mau tahu rasanya berenang dengan ubur-ubur? Pergi saja ke Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Berau, di Kalimantan Timur. Di sana Anda bisa berenang dengan ratusan ubur-ubur jinak. Yup, ubur-ubur ini tidak akan menyengat Anda sama sekali. Semuanya sudah kehilangan daya sengat karena proses evolusi. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan rasa gatal karena sengatan ubur-ubur.



2. Danau Habema

Kalau yang satu bisa dibilang sebagai danau di atas awan. Bagaimana tidak, danau ini merupakan danau tertinggi di Indonesia. Danau Habema terletak di di kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua, dengan ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut. Masyarakat Dani, penduduk Jayawijaya, danau itu dianggap sebagai tempat keramat yang jadi sumber kesuburan dan kehidupan.




3. Danau Toba

Inilah danau terbesar dan terluas di Indonesia, serta dapat dikatakan sebagai salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. Danau yang tercipta akibat letusan Gunung Toba memiliki luas permukaannya mencapai 1.130 km2 dengan volume air mencapai 240 km3. Selain menjadi danau terbesar di Indonesia, danau toba memiliki keunikan dengan keberadaan pulau Somosir di tengahnya.



4. Danau Kelimutu

Danau yang dipopularkan seorang warga Belanda bernama Van Such Telen pada tahun 1915 memiliki keunikan dengan warna danau yang berubah-ubah pada periode tertentu. Perubahan warna air Danau Kelimutu tidak dapat diprediksi. Kadang-kadang, warnanya bisa biru, hijau dan hitam dan lain waktu bisa berwarna putih, merah dan biru dan beberapa waktu yang lalu berwarna coklat tua.



5. Danau Matano

Danau matano terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau ini menjadi danau yang paling dalam di Indonesia, bahkan berada diurutan ke-11 dalam daftar danau terdalam di dunia dengan kedalaman maksimal mencapai 590 meter. Permukaan danau ini jika diukur dari muka air laut, hanya 382 meter. Ini berarti bagian terdalam Danau Matano, lebih dalam dari permukaan air laut.