Inilah 5 Kuliner Aneh Di Asia Yang Wajib Untuk Kamu Coba

 

Asia memang punya segudang keunikan dan selalu menghadirkan hal yang baru yang terkadang membuat kita tercengang. Tidak hanya budaya dan perilaku setiap manusia di dalamnya, tapi juga hal lainnya, termasuk soal kuliner. Dari Timur Tengah hingga Papua, selalu ada saja menu kuliner yang baru dan belum pernah kita temui sebelumnya.Kuliner di Asia itu banyak yang unik (jika berlebihan untuk dibilang aneh). Jika kalian berencana untuk berlibur keliling Asia dalam waktu dekat, berikut ini adalah beberapa kuliner di Asia yang harus Sobat Tiket coba, dan pastinya bisa membuatmu tercengang.


1. Drunken Shrimp, Tiongkok
 
Kalau pernah mendengar menu Chinese Food yang satu ini, pasti langsung berpikir kalau menu tersebut tidak seseru namanya. Mungkin hanya di kukus atau direbus jadi terlihat seperti “mabuk”. Salah, Sobat Tiket. Sesuai namanya, udang ini memang benar-benar mabuk. Drunken Shrimp adalah sebuah menu dimana udang hidup dikumpulkan dalam sebuah mangkuk yang penuh dengan minuman alkohol. Para udang itu memang sengaja dibiarkan berenang dalam larutan minuman keras hingga mabuk, untuk kemudian disantap mentah-mentah.




2. Paniki, Indonesia
 
Kembali ke tanah air, di propinsi Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Manado. Kota ini memang telah lama dikenal sebagai surganya kuliner aneh. Mereka punya menu yang cukup populer bernama Paniki. Mungkin diantara Sobat Tiket pernah memakannya? Ya, Paniki adalah makanan berkuah dengan bahan utama daging kelelawar atau kalong. Cukup aneh karena daging kelelawar termasuk jenis makanan yang jarang dikonsumsi. Tapi dijamin deh, makanan ini terlalu enak untuk dibilang aneh.




3. Balut, Filipina
 
Menyeberang sedikit dari Manado, Filipina juga punya beberapa menu kuliner yang aneh. Salah satunya adalah Balut. Menu ini pada dasarnya adalah sebuah telur ayam. Ya, telur ayam biasa. Tapi tunggu dulu, Balut bukanlah masakan telur pada umumnya, tetapi sebuah menu dimana telur yang dimasak adalah telur yang telah menjadi janin. Pasti kalian akan merasakan sensasi memakan telur dengan sedikit rasa anak ayam. Menyeramkan, namun kabarnya Balut memiliki cita rasa yang menggoda.
 

 


 
4. Fish Sperm, Jepang
 
Pernahkah membayangkan bagaimana rasanya memakan sperma ikan? Jika penasaran, Silakan anda mencobanya saat berkunjung ke Negeri Sakura tersebut. Makanan ini cukup populer di Jepang dan disajikan dalam bentuk sushi, bersama dengan taburan telur ikan.




5. Betamax, Filipina
 
Kembali ke Filipina, di sini ada jajanan pinggir jalan yang cukup aneh bernama Betamax. Jajanan ini adalah sebuah darah ayam (terkadang babi juga) yang dibikin sate dan dibakar. Kok bisa darah dipanggang? Ya, sebelum dipanggang, darah ayam tersebut dikumpulkan dan didinginkan hingga mengeras. Darah ayam yang mengeras tersebut kemudian berbentuk seperti gelatin yang bisa dibakar.