Kuliner Khas Bandung Terlezat yang Harus Anda Cicipi

Kota Kembang Bandung tidak hanya kaya akan wisata alam yang indah serta berbagai outlet fashion dengan produk-produk yang terkenal kualitasnya di seantero Indonesia. Bandung juga memiliki kekayaan kuliner yang bermacam-macam dengan cita rasa yang tinggi dan kreatif.

Kota ini banyak menghadirkan makanan-makanan yang baru, unik, dan inovatif serta menjadi primadona tersendiri bagi pecinta kuliner khas Indonesia. Jadi tidak heran, jika Anda mengunjungi kota Bandung, Anda wajib mencicipi kuliner lezat dan nikmat berikut ini :

1. BATAGOR


Batagor, mungkin makanan yang satu ini mudah Anda temukan dimana saja. Namun, tahukan Anda bahwa batagor berasal dari Bandung?

Batagor merupakan kepanjangan dari Baso Tahu Goreng, makanan ini pertama kali muncul di Bandung dan langsung populer di masyarakat. Karena rasanya yang lezat, penggemar makanan terus bertambah sehingga banyak pengusaha atau penjual yang menawarkan makanan gurih dan nikmat ini. Batagor merupakan makanan yang dibuat dari tepung yang diisikan dengan tahu dan digoreng. Batagor yang sudah digoreng kemudian diiris dan disiram saus kacang.

Walaupun batagor telah dijual dimana-mana, namun cita rasa batagor asli tetap berbeda. Anda harus mencicipi makanan khas Bandung ini di beberapa warung terkenal seperti Batagor Kingsley (Jalan Veteran), Batagor Abun (Jalan Lengkong Besar), Batagor H. Isan (Jalan Bojongloa), dsb.

2. NASI TUTUG ONCOM


Jika kurang puas mencicipi makanan ringan seperti Batagor, Anda bisa menikmati makanan berat khas Sunda yang sangat populer yaitu Nasi Tutug Oncom.

Nasi Tutug Oncom ini berasal dari Tasikmalaya, namun karena banyaknya pecinta kuliner ini, nasi tutug oncom menjadi makanan khas Sunda yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Bandung. Nasi tutug oncom merupakan nasi yang dicampur dengan oncom. Rasa oncom yang khas dan nikmat berpadu dengan kehangatan nasi.

Selain itu, Nasi oncom ini juga dilengkapi dengan aneka lauk pauk seperti tempe atau tahu dan ayam goreng. Tidak lupa ditambahkan sambal goreng dan lalapan segar khas penyajian masakan Sunda.

3. SATE MARANGGI


Saat berkunjung ke Bandung, Anda akan menemukan banyak warung yang menjual kuliner sate maranggi. Sate ini sebenarnya berasal dari Purwakarta, tetapi karena banyak warga Bandung yang menyukai kuliner ini membuat sate ini menjadi makanan favorit di Bandung dan wajib dicicipi.

Sate Marangii merupakan sate yang terbuat dari daging sapi, keunikan sate ini adalah pada rasanya yang sangat enak karena proses perendaman. Sate ini memang harus direndam dengan bumbu-bumbu rempah dalam waktu yang lama sebelum dibakar dan disajikan.

4. BANDREK HANGAT


Masyarakat luas pasti sudah tahu bahwa Bandung merupakan kota yang berhawa sangat dingin apalagi saat musim penghujan. Jadi tidak heran saat mengunjungi kota ini, Anda bisa menghangatkan badan dengan meminum bandrek hangat yang banyak dijual diberbagai tempat.

Bandrek hangat merupakan minuman khas Bandung yang sangat populer. Bandrek hangat terbuat dari campuran jahe, rempah-rempah dan gula merah sehingga dijamin tubuh Anda yang menggigil kedinginan bisa menjadi hangat kembali.

5. CUANKI


Selain meminuma bandrek hangat, Anda juga bisa menghangatkan tubuh yang kedinginan dengan makan Cuanki hangat. Cuanki merupakan singkatan dari Cari UANd dengan jalan kaKi, jadi penjual makanan ini biasa menjajakan jajanannya dengan cara berkeliling dan jalan kaki.

Cuanki hangat berisi tahu goreng, bakso, tahu putih, batagor dan siomay yang diberikan kuah hangat layaknya bakso biasa. Soal cita rasa, tidak perlu diragukan lagi, makanan ini juga inovatif karena menjadikan satu beberapa makanan khas Bandung seperi siomay dan batagor. Salah satu warung Cuanki yang terkenal di Bandung adalah Cuanki Serayu yang telah ada sejak tahun 1990.

6. MIE KOCOK BANDUNG


Setelah makanan khas Bandung Cuanki yang mirip dengan bakso biasa, Bandung juga memiliki makanan mie layaknya mie ayam yang sangat khas dan populer yaitu Mie Kocok Bandung. Walaupun tampilannya mirip seperi mie ayam pada umumnya namun Mie Kocok sangat berbeda dari segi jenis mie, topping, dan kuah.

Mie Kocok Bandung merupakan mie kuning yang dicampur dengan tauge dan disiram kuah kaldu kaki sapi panas. Tidak hanya sampai disitu, mie ini juga dilengkapi aneka topping seperti seledri, bawang goreng dan kikil. Anda bisa membayangkan sendiri betapa lezatnya mie ini.

7. ES GOYOBOD


Anda juga wajib menikmati kesegaran Es Khas Bandung ini yaitu Es Goyobod saat siang hari yang panas. Es Goyobod terdiri dari kolang-kaling, kelapa muda, tape, potongan sagu, ketan hitam dan alpukat.

Dinginnya es serut serta segarnya isian es ini berpadu menjadi satu ditambah lagi dengan topping susu kental manis sungguh cocok untuk menghilangkan rasa dahaga. Anda bisa menemukan penjual es ini diberbagai tempat di Bandung.

8. RUJAK CUKA


Selain minum Es Goyobod, Anda juga wajib mencicipi Rujak Cuka pada siang hari yang panas. Rujak Cuka menghadirkan sensasi rasa asam dan pedas sekaligus sehingga menyegarkan. Rujak ini berisi campuran sayur-sayuran dan buah-buahan yang telah direndam dalam larutan asam sebelumnya.

Larutan asam dibuat dari gula pasir, cuka, gula merah, dan air tentunya. Rujak khas Bandung ini juga disajikan dengan topping berupa kerupuk kuning dan kacang tanah goreng.

9. SURABI BANDUNG


Jika Anda merupakan tipe orang yang lebih senang berwisata kuliner makanan ringan, Anda wajib merasakan Kue khas Bandung yang pernah ada di dalam salah satu adegan film Petualangan Sherina yaitu Surabi Bandung.

Surabi Bandung merupakan Pancake asli Jawa Barat, terbuat dari adonana tepung beras yang dimasak dengan cara dibakar diatas tungku kayu. Setelah matang, Surabi disiram dengan kuah gula merah. Saat ini, surabi telah dimodifikasi dengan aneka topping yang bisa dipilih mulai dari cokelat, stawberry, keju, bahkan oncom dengan tetap mempertahankan rasa asli surabi.

10. COMBRO


Jika Anda kurang menyukai makanan-makanan mansis, Anda bisa menikmati cemilan gurih yang otentik dari Bandung yaitu Combro. Combro merupakan singkatan dari Oncom Dijero, jadi combro merupakan cemilan yang dibuat dari adonan singkong parut yang bagian dalamnya diisi dengan sambel oncom dan digoreng.

Combro bisa dinikmati untuk berbuka puasa atau teman perjalanan selama di Bandung. Teh manis bisa menjadi minuman yang tepat saat menikmati combro yang gurih.

11. YOGHURT CISANGKUY


Anda yang menyukai minuman sehat, bisa mengunjungi salah satu kedai Yoghurt yang berada di Jalan Cisangkuy, Bandung. Produk minuman fermentasi ini sangat populer di kalangan anak muda Bandung karena cita rasanya yang khas dan berbeda dengan produk Yoghurt lainnya.

Yoghurt Cisangkuy ini memiliki rasa yang tidak terlalu asam sehingga sangat cocok bagi Anda yang tidak suka rasa asam atau memiliki maag namun tetap ingin meminum minuman yang sehat ini. Minuman fermentasi ini dilengkapi dengan potongan-potongan buah sehingga memberikan kesegaran pada siapapun yang meminumnya.


Bagaimana? Apakah Anda tergoda untuk mencicipi kuliner asal Bandung yang lezat dan nikmat diatas? Jika iya, maka berkunjunglah ke kota yang terkenal dengan julukan Paris Van Java terserbut dan nikmati kuliner yang ada disana.