Prosedur, Syarat dan Biaya Pembuatan Paspor

Pengertian Singkat Paspor
Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor berisi biodata pemegangnya, yang meliputi antara lain, foto pemegang,tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual. Ada kalanya pula sebuah paspor mencantumkan daftar negara yang tidak boleh dimasuki oleh si pemegang paspor itu. Bagi anda yang ingin membuat paspor ada baiknya anda membaca rules atau prosedur agar anda tidak bingung dan bertanya-tanya bagaimana prosedurnya. Cara Membuat Paspor Indonesia, kamu punya rencana untuk membuat paspor? di kami pun bisa membantu anda untuk pembuatan paspor, Bilamana anda ingin membuatnya sendiri berikut ini kami beritahu cara mengurus paspor Indonesia, biaya dan persyaratan untuk paspor baru maupun perpanjangan.


Syarat Pembuatan Pasport Baru dan Prosedur Pembuatan Paspor baru
- KTP asli dan fotokopi
- Kartu Keluarga (KK) Asli dan Fotokopi
- Akte Kelahiran Asli dan Fotokopi
- Surat Sponsor / Surat Keterangan / Surat Rekomendasi Kerja- Akte Nikah
- Surat Keterangan Ganti Nama- Ijazah terakhir

Note : Boleh ke kantor imigrasi di mana saja, lokasi kantor imigrasi gak sama dengan lokasi tempat pembuatan KTP juga gak apa2. Jadi orang berKTP Papua bisa saja bikin paspor di Jakarta. Atau orang berKTP Jakarta Timur bisa bikin paspor di kantor imigrasi jakarta selatan, dll.


Bagaimana Prosedur Pembuatan Paspor Umroh

Syarat pembuatan paspor umroh umumnya sama saja dengan pembuatan paspor biasa atau paspor anak hanya saja ada sedikit penambahan dalam membuat paspor umroh tersebut.
- Akte lahir
- Kartu Keluarga
- Kartu Tanda Penduduk
- Ijazah
- Buku Nikah (Jika telah menikah)
- Surat Keterangan Kerja / Domisili
- Surat keterangan Travel Umroh
- Penambahan Nama Menjadi 3 Suku Kata

Banyak sekali syaratnya dalam jasa paspor umroh? Kenapa jadi banyak seperti itu? mungkin anda bertanya hal ini. namun ini kami sebutkan semua agar anda tida dicurigai akan menjadi TKI disana. Ya kenapa begitu? dengan adanya Surat keterangan dari travel umroh jelas kekuatannya adalah untuk menjelaskan bahwa anda benar-benar akan umroh dan bukan ingin menjadi TKI.


Persyaratan Pembuatan Paspor Anak
Kali ini kami akan mengupas tata cara pembuatan paspor anak anda yang masih berada di bawah usia 17 tahun. Pada umumnya tidaklah ada perbedaan yang berarti antara pembuatan paspor orang dewasa dengan paspor pada anak dibawah umur. hanya saja ada beberapa syarat yang ditambahkan dalam syarat pembuatan paspor anak, yaitu :
- Akte Lahir
- KTP Orang Tua
- Kartu Keluarga
- Buku Nikah Orang Tua
- Paspor Kedua Orang Tua
- Kedua Orang tua wajib menemani sang anak sewaktu foto dan wawancara.

Note : semua wajib ada aslinya dan di fotokopi dalam 1 lembar per masing-masing berkasnya.

Paspor Online
Anda sudah tahu kan kalau sekarang pendaftaran paspor bisa dilakukan secara online? Jika belum tahu silahkan baca kembali artikel terdahulu tentang paspor online. Tetapi perlu Anda ketahui juga bahwa pendaftaran paspor online hanyalah bersifat pra permohonan, belum bisa menggantikan keseluruhan prosedur pembuatan paspor secara manual. Jadi meskipun Anda sudah meng-upload semua dokumen persyaratan paspor yang telah discan pada saat mengisi formulir pendaftaran online di website imigrasi, nantinya Anda tetap harus datang ke kantor imigrasi dengan membawa dokumen asli untuk pendaftaran ulang.

E-Paspor / Paspor Biometrik
Paspor biometrik atau sering disebut dengan paspor elektronik (e-paspor) adalah jenis paspor yang memiliki data biometrik sebagai salah satu unsur pengaman paspor. Data biometrik ini disimpan dalam bentuk chip yang tertanam pada paspor. Berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organisation (ICAO), data biometrik yang digunakan adalah biometrik wajah pemegang paspor dan biometrik sidik jari sebagai pendukungnya. Paspor jenis ini telah digunakan di beberapa negara, antara lain Malaysia, Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Swedia, dan banyak lagi. Walaupun sudah banyak informasi tentang e-paspor yang baru diberlakukan di Indonesia, mungkin masih banyak yang bingung dengan cara pembuatan dan manfaatnya, termasuk benefit bebas visa kunjungan ke Jepang.

Masa Berlaku
Masa berlaku Paspor biasa paling lama5 (lima) tahun sejak tanggal diterbitkan. Masa berlaku Paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannnya. Batas usia anak sebagaimana dimaksud pada point 2 ditentukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.