8 Tempat Wisata di Garut Yang Wajib Dikunjungi

Garut merupakan salah satu kota dengan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, terletak tidak begitu jauh dari Bandung, wisata di Garut bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda mengisi liburan. Tempat wisata di Garut cukup beragam, mulai dari wisata air panas, wisata air terjun, wisata gunung, sampai wisata pantai di Garut semuanya tersedia. Akses menuju Garut dari Bandung cukup mudah, hanya sekitar 2 jam saja dan sudah sampai. Jika dari Jakarta, Anda bisa mencapai Garut melalui Tol Cipularang-Cileunyi-Nagreg-Garut.


1. Kompleks Wisata Cipanas Garut 



Daerah Cipanas Garut menawarkan objek wisata air panas, disini Anda bisa menikmati air panas yang bersumber langsung dari gunung api aktif, Gunung Guntur. Anda bisa menikmati berendam air panas, berenang dan juga bermain waterboom di berbagai pemandian yang tersedia disana. Terdapat banyak hotel yang bisa jadi pilihan menginap untuk Anda di Cipanas, Garut.





2. Kampung Sampireun dan Kebun Mawar Situhapa 

Masih satu kecamatan dengan Darajat, Anda juga bisa menikmati keindahan Kampung Sampireun. Kampong Sampireun terletak sebelum Darajat, dan menawarkan suasana bermalam dan juga restoran yang unik. Kampong Sampireun menjadi salah satu tujuan bulan madu favorit di Jawa Barat. Selain itu juga terdapat Kebun Mawar Situhapa yang terletak kurang lebih 1 km setelah Kampung Sampireun. Disini Anda bisa menikmati kebun mawar yang luas, restoran, dan panorama alam serta udara yang segar. Jika beruntung berkunjung saat mawar sedang mekar, pemandangannya akan indah sekali.



                 Kampung Sampireun



                Kebun Mawar Situpaha


3. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Candi Cangkuang, Situ Cangkuang, dan Kampung Pulo terletak di Kecamatan Leles. Letaknya sebelum memasuki kota Garut tidak jauh dari jalan raya sehingga tempat wisata ini bisa menjadi tempat wisata pertama yang anda kunjungi. Candi Cangkuang terletak di tengah situ (danau kecil), untuk menuju lokasi Anda harus menyebrang terlebih dahulu menggunakan rakit yang banyak tersedia disana. Selain itu juga terdapat kampung adat Kampung Pulo yang terletak persis di Pinggir Candi.

 

                      Kampung Pulo



                     Candi Cangkuang


4. Gunung dan Kawah Papandayan 

Kawah dan gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di Garut. Tempatnya mudah dicapai, dengan keindahan alam yang keren banget. Disini Anda bisa berwisata di kompleks kawah Papandayan, berpetualang sampai ke padang edelweis Tegal Alun, berfoto ria ditebing atas, atau bahkan menjemput sunrise di tebing sunrise Papandayan. Jalan menuju lokasi juga sudah bagus, tidak seperti dulu yang jelek setelah letusan terakhir Papandayan. Tapi, jika berkunjung kesini perlu dilihat juga kondisinya apakah sedang ditutup lokasinya atau nggak, karena dalam kondisi cuaca ekstrem kompleks wisata ini kadang ditutup sementara oleh pihak yang berwenang.



             Gunung dan Kawah Papandayan


5. Pantai Ranca Buaya 

Salah satu pantai di Garut dengan pemandangan yang cukup unik dan indah, Pantai Ranca Buaya berdekatan dengan Puncak Guha, sehingga bisa Anda jadikan satu paket sekaligus. Anda bisa menginap di Ranca Buaya untuk menikmati sunset/sunrise di Puncak Guha. Pantai-pantai di Garut bisa diakses melalui jalan Garut, ataupun melalui jalan jalur selatan misalnya via Bandung-Ciwidey-Cidaun-Ranca Buaya-Puncak Guha-Santolo, ataupun via Bandung-Pangalengan-Ranca Buaya-Puncak Guha-Santolo.



                      Pantai Ranca Buaya



6. Kawah Talaga Bodas 

Terletak di kecamatan Wanaraja, Kawah Talaga Bodas merupakan danau yang terbentuk diatas kawah bekas letusan. Tempatnya mirip dengan kawah putih di Bandung, hanya saja relatif masih asli.



                    Kawah Talaga Bodas


7. Curug Sang Hyang Taraje 

Curug/air terjun Sang Hyang Taraje terletak di kecamatan Pakenjeng Garut, tempatnya cukup jauh dari pusat kota, dan Anda akan sedikit berpetualang jika berminat untuk menuju ke lokasi ini. Curug Sang Hyang Taraje merupakan air terjun unik dengan dua air terjun/air terjun kembar dengan volume air yang cukup besar dan juga cukup tinggi. Jika Anda tidak keberatan dengan sedikit berpetualang, tempat bisa jadi salah satu tujuannya.



               Curug sang Hyang Taraje



8. Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang 

 Pantai Satolo merupakan salah satu pantai yang paling dikenal di kota Garut, bentang pantainya yang panjang dengan pasir yang halus serta putih jadi daya tarik unik tempat ini. Selain itu, Anda bisa langsung menuju pantai Sayang Heulang, pantai dengan bentang karang yang luas dan unik. Anda cukup menyebrang sedikit ke pulau Santolo, dan disebelahnya langsung bertemu dengan pantai Sayang Heulang.
 


                 Pantai Sayang Heulang



                       Pantai Santolo

Bagaimana apakah ada keinginan anda untuk berkunjung ke Kota Garut, Jawa Barat? jangan lupakan tempat-tempat wisata seperti yang di atas ini ya..