PESONA KECANTIKAN DANAU NAPABELE

 

Danau Napabale merupakan sebuah danau yang terletak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Terletak di kaki bukit, dihubungkan ke laut melalui sebuah terowongan alami.



Bagi anda yang sedang atau berencana akan berwisata ke Sulawesi Tenggara maka mampirlah di Kabupaten Muna. Karena di daerah ini terdapat obyek wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Iya, Danau Napabale namanya. Danau yang unik karena memiliki air asin.

Berkunjung ke obyek wisata ini, berarti anda mengunjungi danau sekaligus pantai. Mengapa demikian? Karena di danau ini terdapat terowongan alam dengan panjang sekira 30 meter dan lebar sekira 9 meter yang terhubung langsung dengan pantai Selat Buton. Danau Napabale ini mendapatkan suplai air dari laut melalui terowongan alam tersebut, sehingga hal itu menjadikan air di danau ini terasa asin



Jika air laut pasang, maka Danau Napabele ini juga akan ikut naik mengikuti pasang air laut dan terowongan alam pun juga terendam air. Namun, jika air laut sedang surut maka air juga akan berkurang sehingga terowongan alam pun juga akan terlihat kembali. Selain menyuplai air laut ke danau, terowongan alam ini pun juga dimanfaatkan oleh para nelayan setempat sebagai jalur untuk pulang dan pergi melaut.

Yang pasti, dengan mengunjungi kawasan wisata Sulawesi Danau Napabale ini, anda akan di manjakan dengan dua pesona alam sekaligus yaitu pesona danau dan pesona laut yang memukau.

Keindahan alam danau dan laut ini bisa anda nikmati dengan cara berlayar di atas sampan atau juga bisa dengan cara menyelam ke dalam danau dan laut. Dengan menyelam, anda akan dapat menikmati panorama bawah air yang sangat menakjubkan. Tetapi jika tidak berani untuk menyelam ke bawah danau atau bawah laut, anda bisa meminta bantuan para nelayan untuk mengantarkan anda ke tengah danau. Pasalnya di tengah danau ini, terdapat tiga karang besar yang berbentuk seperti cawan, yang ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang sangat indah dan sejuk.



Selain itu, Danau Napabale dikelilingi oleh perbukitan dan tebing yang tinggi dan terjal dengan ragam tumbuhan yang hidup di atasnya, hingga menjadikan panorama di danau ini semakin indah dan sejuk.

Jika anda sudah puas menikmati panorama Danau Napabale, kini anda bisa melewati terowongan menuju tepi pantai. Di tepi pantai yang indah tersebut, anda bisa memanfaatkan waktu untuk bersantai, berjemur di tepi pantai atau bermain ombak.



Tapi bagi anda yang ingin menjelajahi Danau Napabale secara mendalam, anda dapat menyewa perahu yang telah disediakan oleh nelayan di sekitar danau. Selain itu, anda juga tidak perlu mencari pemandu wisata karena pengemudi perahu akan secara langsung memandu anda untuk menikmati keindahan wisata Sulawesi ini. Jadi, anda tidak perlu khawatir dengan tidak adanya pemandu wisata.





Telusur Goa


Jika anda belum puas, masih ada kegiatan wisata lain yang bisa anda lakukan dan tak kalah serunya. Yakni menelusuri goa. Karena tak jauh dari Danau Napabale ini, ada obyek wisata berupa situs purbakala, yang diberi nama Goa Kabori atau orang setempat menyebutnya Liang Kabori. Menelusuri jauh ke dalam goa ini, anda bisa melihat ratusan lukisan hasil karya manusia zaman prasejarah di sepanjang dinding goa.








Lokasi

Danau Napabale terletak di Desa Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, atau berjarak 15 km dari Kota Raha, ibu kota Kabupaten Muna.




Akses

Dari Bandara Walter Mongonsidi Kendari, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Bandara Sugimanuru, Kabupaten Muna dengan menggunakan pesawat perintis. Kemudian untuk menuju Kota Raha dari Bandara Sugimanuru, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum dengan perjalanan kira-kira 30 menit dari Kota Raha perjalanan dilanjutkan lagi menuju Danau Napabale dengan menggunakan taksi atau ojek dengan waktu perjalanan sekira 20 menit.

Bagaimana apakah sudah siap atau sudah memasukan Danau Napabale ini sebagai tujuan liburan anda nantinya? Yang pastinya, jangan lewatkan obyek wisata Sulawesi yang satu ini jika anda berkunjung ke Pulau Sulawesi khususnya Sulawesi Tenggara.

© Copyright 2015 Antarworld Travel. Designed by Blogger Theme | Distributed By Templates. Powered by Blogger.