BUKIT JAMUR, PESONA KEINDAHAN KOTA PUDAK GRESIK

 



Pesona Bukit Jamur Gresik - kali ini kami akan membahas salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Gresik. Mungkin topik yang kami bahas ini kurang sesuai dengan judul blog saya, tapi tidak apa-apa kan sekali-kali refreshing. berbicara tentang tempat wisata, siapa bilang di Gresik tidak ada tempat wisata? Akhir-akhir ini ada sebuah tempat wisata baru di Gresik yang bernama Bukit Jamur. Pasti yang terlintas di pikiran anda tentang bukit ini adalah bukit yang ditumbuhi banyak pohon jamur. Kalau memang begitu anda salah besar, bukit jamur adalah bukit yang bentuknya seperti tumbuhan jamur. tahu sendiri kan ya bagaimana bentuk tumbuhan jamur itu? Ya seperti itulah bentuk bukit jamur yang ada di kabupaten Gresik.

Sebenarnya Bukit Jamur ini merupakan fenomena alam yang biasa disebut Mushroom Rock, yaitu fenomena dimana batu terkikis oleh angin yang akan membawa dan membuang material-material kecil dari batu tersebut. karena bagian atas batu lebih kuat dan padat dibandingkan bagian bawahnya maka bagian bawah batu akan lebih cepat terkikis sehingga membentuk sebuah batu yang mirip dengan jamur. Mushrom biasanya terjadi di daerah kering, seperti gurun pasir.




Tempat wisata Bukit Jamur ini adalah sebuah tempat bekas proyek penggalian / penambangan kapur yang sudah ditinggalkan. Sebenarnya bukit jamur ini bukan sebuah tempat wisata, Tapi karena semakin hari semakin banyak pengunjung yang datang ke tempat ini maka tempat ini sekarang disebut sebagai Tempat Wisata. Disana anda dapat melihat sebuah fenomena yang mungkin langka yaitu sebuah kumpulan bukit batu yang berbentuk jamur yang lucu dan unik sekali. Puncak tertinggi dari bukit ini adalah sekitar 7 meter. Tempat ini sangat cocok buat anda yang ingin refreshing. Disini juga sangat cocok bagi mahasiswa-mahasiswi jurusan geologi yang ingin mengadakan penelitian. Disore hari tempat ini sangat ramai, banyak anak-anak muda datang yang hanya sekedar hangout atau kumpul-kumpul dengan teman sambil menunggu shalat maghrib.

Lokasi wisata bukit Jamur berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik, Desa yang terkenal pengrajin rebanah dan kopyah. Untuk mencapai kelokasi tersebut dari kota gresik melewati jalur pantura, setelah jembatan sungai bengawan solo sembayat tepatnya di pertigaan Bungah belok kiri mengikuti petunjuk ke Dukun, sekitar satu kiloan di sisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan perumahan Pondok Bungah Indah. Setelah masuk gang lurus sampai pertigaan kemudian kearah kiri sampai terlihat Bukit Jamur ini.

Jika anda dari Surabaya maka rutenya adalah setelah masuk gapura selamat datang kota Gresik terus sampai bertemu perempatan Galangan ambil lurus, sampai perempatan Sentolang belok kiri sampai bertemu perempatan Kebomas belok kanan ketemu perlimaan Sukorame ambil lurus sampai perempatan Pasar Gresik belok kiri(melewati Ramayana) lurus terus ikuti jalur pantura ini sampai sekitar 10 KM. Sekitar 1 KM setelah melewati jembatan sungai Bengawan Solo desa Sembayat akan bertemu pertigaan Bungah belok kiri mengikuti petunjuk ke Dukun, selanjutnya ikuti rute sesuai rute dari kota gresik yang sudah tertulis diparagraf sebelumnya.





Tempat wisata Bukit Jamur ini sangat direkomendasikan bagi anda yang mengaku traveller sejati, dan juga bagi anda yang berada di wilayah gresik harus wajib untuk mengunjungi tempat ini. dijamin tidak rugi, karena memang tempatnya sangat unik. cocok sekali bagi anda yang hobi fotografer. Kami sendiri merekomendasikan untuk datang pada sore hari karena memang waktu tersebut sangat cocok bila berkunjung ke wisata ini. anda juga dapat menikmati keindahan bukit jamur sambil menunggu matahari tenggelam. Pasti sudah kebayangkan, wah pasti indah sekali.




Jadi Kabupaten Gresik menjadi lebih terkenal bukan hanya karena wisata religinya (Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim) tapi masih ada objek wisata seperti Bukit jamur.

Silahkan Berkunjung !