Eksotisme Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur




Pantai Klayar merupakan pantai di Pacitan yang cukup terkenal, pantai ini berpasir putih dengan bukit-bukit di sekitarnya sehingga membuat pemandangannya sangat mempesona dan tentunya sangat menggoda untuk dikunjungi. Secara administratif, pantai Klayar Pacitan terletak di Kecamatan Donorojo, tepatnya di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan, pantai Klayar dapat ditempuh dengan jarak perjalanan sejauh 40 km pada arah barat Pacitan, menghabiskan waktu perjalanan selama sekitar 1 jam.

Setiba di pantai Klayar, Anda dapat melihat dua karang setinggi pohon kelapa di sisi timur pantai. Karang inilah yang menjadi icon pantai Klayar Pacitan. Pada bagian belakang karang tersebut, terdapat karang lain yang menahan terjangan ombak laut selatan. Satu hal yang menarik, di antara karang-karang tersebuat ada sebuah karang raksasa dapat dikatakan mirip dengan tempat wisata Tanah Lot Bali.





Pantai Klayar, selain memiliki pemandangan yang indah juga memiliki keunikan yaitu adanya batu karang yang secara alami memiliki bentuk yang unik, selain itu ada juga air mancur alami dan seruling laut, air mancur alami di pantai Klayar ini terjadi karena tekanan ombak yang cukup besar masuk melalui celah batu sehingga menimbulkan muncratan dan bunyi seperti seruling.






Pantai Klayar memiliki air laut berwarna biru dan ombaknya cukup besar sehingga pengunjung yang ingin menikmati deburan ombak Pantai Klayar ini harus berhati-hati, selain menikmati pasir putih dan deburan ombak Pantai Klayar, anda juga bisa menikmati pemandangan pantai Klayar yang indah dari atas bukit dari gardu pandang.








Rute ke Pantai Klayar


Ada beberapa rute menuju pantai Klayar yang bisa ditempuh, selama perjalanan menuju pantai Klayar anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok naik dan turun bukit. Apabila anda dari Yogyakarta anda bisa mengambil rute Jogja – Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Punung – Pantai Klayar. Selain wisatawan dari Pacitan sendiri, Pantai Klayar juga sering dikunjungi wisatawan dari daerah di luar Pacitan.




Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke pantai Klayar Pacitan. perjalanan untuk mengantarkan rombongan menuju pantai Klayar ini. Perlu diketahui, dari Goa Gong Pacitan ke pantai Klayar hanyalah berjarak sejauh sekitar 12 km.



Cara paling populer ke pantai tersebut adalah dengan membawa kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor. Beberapa wisatawan juga menggunakan jasa agensi.




Bagaimana, apakah anda ingin mengunjungi pantai yang Eksotis seperti pantai klayar ini?