Objek Wisata 'Ujung Genteng' Yang Patut Dikunjungi

 

Belum se-terkenal Bali, Lombok atau Belitung, tapi Ujung Genteng menjanjikan kegiatan wisata yang sungguh menarik. Keberadaannya mulai tampak memberikan kontribusi bagi pariwisata Indonesia. Apa saja yang membuatnya menarik sebagai obyek wisata? Dan di mana sih sebenarnya lokasi Ujung Genteng ini?

Ujung Genteng merupakan bagian dari wilayah pesisir pantai selatan Jawa Barat, tepatnya berlokasi di Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Jika ditempuh dari Jakarta, maka jarak perjalanan ke Ujung Genteng adalah sekitar 220 km.

Dengan perjalanan mengguakan mobil, butuh sekitar 6 hingga 7 jam untuk mencapai lokasi ini. Ada beberapa obyek yang menjadi unggulan bagi Ujung Genteng untuk menarik pengunjung, diantaranya adalah Pantai Amanda Ratu, Pantai Cibuaya, Curug Cikaso, dan Pantai Pangumbahan dengan Penangkaran Penyu Hijaunya.



                    Panorama Pantai Ujung Genteng

Pantai di Ujung Genteng merupakan pantai Samudera Hindia dengan ciri khas ombak besar. Namun, meskipun berombak besar, pantai di Ujung Genteng relative lebih aman dibanding pantai selatan lainnya yang sering menelan korban.

Hal ini dikarenakan adanya gugusan batu karang yang menyebabkan ombak besar yang datang dari tengah lautan terpecah. Di Ujung Genteng ini terdapat sebuah lokasi yang menjadi favorit para peselancar, yang dikenal dengan nama Ombak Tujuh.

Tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal, Ombak Tujuh ini juga menjadi favorit bagi peselancar mancanegara.



Ombak Tujuh di Ujung Genteng, Lokasi Favorit Peselancar




Tanah Lot Amanda Ratu dan Akuarium Alami Cibuaya


                           Tanah Lot amanda Ratu




                               Jernihnya Pantai Cibuaya

Jika Bali punya Tanah Lot, maka Ujung Genteng punya Amanda Ratu. Pantai Amanda Ratu menawarkan pemandangan pulau karang di tengah laut seperti Tanah Lot Bali. Itulah mengapa lokasi ini terkenal dengan sebutan Tanah Lot Amanda Ratu.


Selain pemandangan di Amanda Ratu, anda juga dapat menikmati “akuarium alami” di pantai Cibuaya. Pantai Cibuaya yang jernih membuat anda dapat menikmati pemandangan dibawah air.


Anda dapat melihat ikan-ikan dengan warna cantik yang terjebak di celah-celah antara batu-batu karang. Sungguh pemandangan yang indah.




Curug Cikaso: Panorama 3 Air Terjun


                          3 Air Terjun di Curug Cikaso


Disamping pantai yang indah, Ujung Genteng juga menawarkan obyek wisata air terjun yang tidak kalah menarik, yaitu Curug Cikaso. Sekali memandang, anda dapat menikmati panorama 3 air terjun sekaligus.



Penangkaran Penyu di Pantai Pangumbahan

                          Tempat Penangkaran Penyu




                 Penyu Hijau di Pantai Pangumbahan

Wisata ke Ujung Genteng belum lengkap rasanya jika tidak ke Pantai Pangumbahan yang menjadi tempat favorit para penyu untuk bertelur. Pantai ini merupakan lokasi penangkaran Penyu.
Pada musim bertelur, jumlah penyu yang berkunjung dapat mencapai dua puluhan ekor. Jika beruntung, anda dapat menyaksikan penyu-penyu ini bertelur pada malam hari. Lebih beruntung lagi jika berkesempatan melepaskan anak penyu ke laut.
Menarik bukan? Penyu yang bertelur d pantai ini merupakan penyu berukuran besar dengan usia sekitar 100 tahun.




Sejauh ini, obyek-obyek wisata di Ujung Genteng memang belum begitu mudah untuk dicapai. Akan tetapi, dengan pengalaman menarik yang ditawarkannya, sedikit bersusah-susah rasanya tidak jadi masalah, apalagi bagi anda yang traveler sejati.

© Copyright 2015 Antarworld Travel. Designed by Blogger Theme | Distributed By Templates. Powered by Blogger.