Pulau-Pulau Unik di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan, beribu-ribu pulau di Nusantara ini. Tapi ada yang menarik dan unik di antara pulau-pulau di Indonesia ini. Simak yuk pulau apa saja yang di maksud..



1. Pulau Komodo



Pulau Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tepat di daerah Komodo, Kabupaten Manggarai Barat nusa tenggara Timur. Selain Keindahan alam yang menarik, disini bisa di temui hewan purbakala satu-satunya yang tidak dapat anda jumpai dimana pun yakni hewan Komodo.




2. Pulau Bungin



Keunikan dari pulau ini yakni pulau terpadat di dunia, yang terletak di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tak tampak adanya pasir pantai yang membentang di sekeliling pulau ini. Hanya tampak rumah-rumah yang seakan-akan berdiri persis di atas air. Memang dari dekat setidak-tidaknya dasar rumah menjorok hanya setengah meter dari laut. Kepadatan pulau ini bisa di rasakan begitu menyusuri jalan-jalan gang beton rabat yang lebarnya sekitar 1,25 meter.




3. Pulau Samosir



Pulau Samosir adalah sebuah vulkanik di tengah Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara, dimana Danau Toba sendiri merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Itulah yang menjadikan pulau ini unik – pulau di dalam pulau.





4. Pulau Kambangan



Terlelak di Selatan pulau Jawa, tepatnya di Provinsi jawa Tengah. Keunikan dari pulau ini adalah Beberapa Lembaga Pemasyarakatan dengan tingkat keamanan maksimum. Penduduk pulau ini adalah para Narapidana dan Pegawai Penjara beserta keluarga mereka. Bila ingin keluar masuk pulau ini harus memiliki ijin khusus dan prosedur tertentu.





5. Pulau Kemaro



Pulau Kemaro berada di delta Sungai Musi. Nama pulau Kemaro (Kemarau) di berikan penduduk setempat karena delta ini selalu kering dan tidak pernah berair, bahkan ketika air pasang, seolah-olah seperti sebuah pulau terapung. Tempat ini adalah sangat special bagi etnis Cina lokal. Di pulau ini ada Pagoda dan Kuil-Kuil. Keberadaannya berkaitan erat dengan sebuah legenda yang mengatakan bahwa delta muncul sebagai bukti cinta Putri Siti Fatimah (putri Raja Sriwijaya) kepada kekasihnya. Kisahnya mirip dengan Romeo dan Juliet, atau Sampek Eng Tay.




6. Pulau Lumba Lumba



Pulau terumbu karang ini terletak di lepas pantai utara Pulau Flores, Indonesia. Bentuk pulau ini sangat menakjubkan dan tampak seolah-olah terinspirasi oleh Lumba-Lumba yang mungkin berenang di sekitarnya. Dari pulau dengan bentuk yang unik , mungkin sebuah pulau di Flores, Indonesia adalah yang paling unik. Tidak perlu daya imajinasi yang tinggi, dari ketinggian pulau ini terlihat seperti hewan mamalia laut , Lumba-Lumba. Pulau tersebut terlihat cantik bagai Lumba-Lumba yang sedang berenang dan muncul di permukaan air.




7. Pulau Kumala



Pulau Kumala terletak di tengah sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Pulau ini merupakan pulau taman hiburan. Ada banyak wahana seperti coaster jet, putaran komedi, langit tower, cable car, serta atraksi lainnya. Bahkan ada rencana untuk menambahkan sebuah bandara kecil di pulau.





8. Pulau Simping



Pulau Simping adalah sebuah pulau di Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia. Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia dan telah diakui dan tercatat di PBB. Sebelumnya pulau ini di sebut Pulau Kelapa Dua. Pulau Simping terdiri dari pasir dan batu, dan beberapa pohon di atasnya. Di dalam pulau ini terdapat kelenteng disinilah para penghuni yang keturunan Cina memanjatkan doa.




9. Pulau Anak Krakatau



Pulau Anak Krakatau adalah pulau volkanik kecil, yang muncul diantara Pulau Sertung (Verlaten Eiland) dan pulau Rakata Kecil (Lang Eiland) pada tahun 1928, di tempat yang dulunya adalah pantai dengan kedalaman 27 meter. Pulau ini adalah pulau termuda di Indonesia. Pada tahun 1929, pulau kecil ini menghilang lagi, tetapi kemudian muncul kembali bersamaan dengan letusan-letusan pada tahun 1930, dan setelah letusan-letusan hebat dalam februari 1933 muncul dengan ukuran lebih besar. Pada tahun 1935, pulau ini bentuknya hamper bundar, dengan diameter sekitar 1200 m, ketinggian 63 m dan pada tahun 1940 tingginya 125 m. pada tahun 1955 pulau ini bertambah ketinggiannya menjadi 155 m dari permukaan laut. Pada tahun 1959 pulau ini meledak kembali dan mengeluarkan asap hitam tebal sampai setinggi 600 m. bersamaan dengan aktivitas vulkanik gunung api yang ada di pulau ini, titik tertinggi pulau ini terus meningkat dengan laju 7-9 meter per tahun.





10. Pulau Onrust



Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bidadari. Pada masa kolonial Belanda, Rakyat sekitar menyebut pulau ini adalah Pulau Kapal karena pulau ini sering sekali di kunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan di jadikan Museum Pulau Onrust. Keunikan dari pulau ini adalah adanya mitos dan misteri peninggalan harta karun VOC.




Apakah ada rencana anda menjelajahi pulau-pulau tersebut ?? So.. jangan di lewatkan ya.