8 Goa Cantik di Indonesia

 

 keindahan alam indonesia memang tak perlu diperdebatkan lagi, karena memang keindahan itu nyata adanya. Terlebih, kalau kalian menjelajah bagian timur Indonesia yang memang jarang dijamah oleh wisatawan. Namun, eksotisme Indonesia tak berhenti di situ saja. tidak hanya dengan pegunungan, pantai dan air terjunnya, ternyata di bawah permukaan bumi pertiwi ini juga tersimpan goa-goa yang cantik dan pastinya perlu kalian kunjungi sekali seumur hidup. keberadaan 8 goa cantik yang tersebar di berbagai wilayah  di indonesia ini bisa menjadi bukti kalau Indonesia tak Hanya indah di Permukaannya saja. yuk kita lihat apakah salah satu diantara gua-gua ini ada di kotamu. 

1. Goa Gong



goa gong ini terletak di desa bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur, Indonesia. sekitar 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. gua ini dinamakan goa gong karena ada sebuah batu yang terdapat didalamnya dan jika kalian memukulnya akan menimbulkan bunyi yang menyerupai bunyi alat musik tradisional gong. selain keunikannya  itu, terdapat juga stalakmit dan stalaktit yang terbentuk luar biasa indahnya. untuk memasuki goa gong ini kalian hanya membayar tiket masuk sekitar 3rb aja.

2. Goa Jomblang

   Goa Jomblang ini terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, 8 Km timur kota Wonosari atau sekitar 50 kilometer sebelah tenggara Jogjakarta. Goa Jomblang sendiri merupakan goa vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Waktu yang sangat di sarankan jika ingin ke menikmati keindahan Goa Jomblang adalah pukul 10-12 siang. Di karenakan pada saat itu matahari tepat berada di atas kepala dan membuat pantulan cahaya yang sangat indah.                                                                                                                       



3. Goa Pindul



Goa Pindul  terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. disini kalian bisa menyusuri gua  dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam goa yang dikenal dengan istilah cave tubing. Panjang goa Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap goa 4 meter. Penelusuran goa Pindul memakan waktu kurang lebih selama satu jam yang berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai yang berada di dalam Goa Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh.

4. Goa Tabuhan

 
Goa ini terletak di bukit kapur Tapan sekitar 30 km dari Kota Pacitan, tidak terlalu jauh dari Goa Gong dan hanya memiliki 2 ruangan besar. nama gua awalnya bernama Goa Tapan, karena sering dipakai orang untuk bertapa. Seiring dengan berjalannya waktu, gua ini lebih terkenal dengan goa Tabuhan karena sering digunakan warga setempat untuk kegiatan kesenian, dengan cara memukul stalagtit di dalam gua hingga mengeluarkan suara seperti gamelan.
stalagtit dan stalagmit cantik dan menawan di dalam goa ini diyakini sudah berlangsung beratus tahun lalu, karena adanya reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur.

5. Goa Maharani



selain terkenal dengan wisata bahari lamongan, ternyata terselip cantiknya Goa Maharani  yang terletak  di kecamatan Paciran. Goa Maharani berada di kedalaman 25 M dari permukaan tanah dan memiliki rongga seluas 2500 m2. Goa ini merupakan goa dengan keindahan alam yang unik daripada goa wisata lain. Hal ini dilihat dari stalagtit dan talagmit di goa ini masih bertumbuh dan memancarkan cahaya warna-warni saat terkena cahaya. tak heran kalau goa ini disebut-sebut mampu menyaingi goa Altamira di Spanyol. Goa Mamonth di Amerika Serikat dan goa Carlsbad di Perancis.

6. Goa Jatijajar



Goa Jatijajar ini terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. konon kabarnya, Goa yang  terbentuk dari batu kapur ini dtemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani yang sedang mengambil rumput, kemudian jatuh kesebuah lubang, dan ternyata lubang itu adalah sebuah lubang ventilasi yang ada di langit-langit Goa tersebut. nama goa ini disebut-sebut berasal dari dua pohon jati tumbuh berdampingan dan sejajar pada tepi mulut goa, kemudian jadilah  istilah Jatijajar yang terdiri dari kata jati yang sejajar.
Di dalam Goa Jatijajar banyak terdapat Stalagmit dan juga Pilar atau Tiang Kapur, yaitu pertemuan antara Stalagtit dengan Stalagmit. Kesemuanya ini terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang sudah ber-reaksi dengan batu-batu kapur yang ditembusnya.

7. Goa Surupan



Goa Surupan adalah satu goa cantik diantara 100 lebih goa di Kawasan Karst Gombong Selatan. Goa ini meliputi dua desa yakni desa Argopeni dan Desa Karangduwur kecamatan Ayah kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Goa Surupan juga memiliki keindahan stalakmit maupun stalaktit seperti goa lainnya. Ornament  indah yang dimiliki goa ini  menempel di dinding lorong goa maupun didasar goa. jika  menyambangi goa ini, kalian akan menemui sejumlah hewan seperti kelelawar, srewiti, lawet, udang, pelus bahkan kura-kura endemik.

8. Goa Petruk



Goa Petruk, di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen memiliki keindahan yang menakjubkan. Meski kini Goa Petruk lebih mudah dicapai karena medannya sudah dibenahi, namun goa petruk tetap menjaga kealamian di dalam goanya. Stalaktit dan stalagmit di Goa Petruk membentuk beragam bentuk, seperti mayat, buaya, lumbung, dan payudara.
Goa bertingkat tiga ini basah dan lembab, dengan sungai, sejumlah sendang, dan air terjun. Di lantai dasar bertabur kotoran kelelawar dan serangga kecil. Air menetes dari langit-langit goa, meningkahi keheningan. Bagian kedua goa dihubungkan dengan batu terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat, dengan sendang dan air terjun kecil.Goa Petruk ini merupakan salah satu goa yang terindah di Jawa.



itulah 8 Goa Cantik yang menjadi Bukti kalau Indonesia tak Hanya indah di Permukaannya saja. Apakah anda berniat mengunjungi goa-goa tersebut???..

© Copyright 2015 Antarworld Travel. Designed by Blogger Theme | Distributed By Templates. Powered by Blogger.