Wisata Kota Medan ( Sumatera Utara ) Terfavorite









 










Kota Medan sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara adalah kota metropolitan terbesar ke-3 di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Masyarakat Medan begitu heterogen dan plural dalam berbagai suku, agama, dan ras. Anda dapat menemukan perkampungan India di Medan yang dihuni oleh mayoritas bangsa India. Berikut wisata di kota Medan yg paling favorite yg di kenal oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara. 



1. Danau Toba


Danau Toba adalah danau terbesar dan terluas di dunia. Popularitas Danau Toba telah dikenal hingga dunia Internasional. Panorama alam Danau Toba adalah satu yang paling memikat dari tanah Sumatera Utara dengan suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan mempesona pegunungan hijau. Kita dapat menikmatinya dari berbagai spot yang ada di kawasan wisata tersebut. Di tengah danau ini, terdapat sebuah pulau yang tak lain adalah ikon kepariwisataan Sumatera Utara, yaitu Pulau Samosir.
Salah satu cara terbaik untuk menikmati pesona danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika ini adalah dari kota Parapat. Sebab, kota Parapat ini berada pada semenanjung yang menonjol ke danau. Anda dapat menikmati pemandangan danau dengan menyewa sepeda untuk berkeliling di sepanjang pinggiran danau, ini adalah kegiatan yang menyenangkan di sana. Selain itu, berenang, olahraga air, hingga berkeliling dengan boat juga dapat Anda lakukan di sana. Jangan khawatir, terdapat banyak hotel, penginapan, hingga guesthouse di tempat wisata Sumatera Utara yang satu ini.


2. Pulau Samosir

Pulau Samosir terletak persis di tengah Danau Toba. Oleh karenanya, Pulau Samosir ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Danau Toba. Berketinggian sekitar 1000 meter dpl, Pulau Samosir memiliki keindahan alam yang masih natural.
Di pulau ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk mempelajari sejarah dan riwayat suku Batak. Di tempat wisata Sumatera Utara yang satu ini, Anda dapat menemukan banyak aksesoris, baju, hingga kain tradisional khas Batak yang dijual untuk umum.

 

3. Air Terjun Sigura-Gura


Inilah air terjun tertinggi di Indonesia, berketinggian 250 meter dan berada di bentang alam dekat dengan Danau Toba. Udara sekitar yang dingin dan sejuk adalah karakter tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini.
Dari kejauhan, air terjun ini terlihat seperti curahan air rakasasa dengan suara dentuman air yang terdengar dari kejauhan. Air terjun ini bersumber dari Sungai Asahan yang aliran airnya bermula dari Danau Toba.

 
4. Istana Maimun


Istana Maimun adalah peninggalan Kerajaan Deli yang terkenal, sebuah istana berwarna kuning berdiri megah di tengah Kota Medan dan menjadi ikon kota metropolitan tersebut. Anda dapat menjumpai istana ini di Jln. Brigjen Katamso Kec. Medan Maimun, Medan. Secara arsitektural, bangunan Istana Maimun didominasi warna kuning yang merupakan warna khas Melayu.
Saat memasuki tempat wisata di Medan yg satu ini, kita dapat menyaksikan ragam koleksi yang dimiliki istana di masa lampau. Beberapa di antaranya adalah koleksi foto sultan, singgasana sultan, hingga sejarah Kerajaan Deli. Untuk dapat masuk ke Istana Maimun ini, kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 8 ribu per orang. Istana ini buka mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore.


5. Pulau Nias


Nias memiliki reputasi dunia dengan pesona lompat batu dan kegiatan selancar. Dinding batu setinggi 2 meter dapat dilompati oleh pemuda setempat dengan begitu mudahnya. Ini adalah suguhan atraksi di Nias yang terkenal.Selain itu, berselancar di Nias adalah salah satu yang terbaik di dunia dengan ombak besar yang menantang, sebuah hal yang juga dapat Anda temukan di Hawaii. Bersama dengan Danau Toba, Pulau Nias adalah tempat wisata di Sumatera Utara yang dikenal luas di mancanegara.